Rumah Adat di Sumatera

rumah gadangIndonesia adalah negara yang terkenal dengan beribu-ribu pulau, salah satunya adalah Pulau Sematera. Pulau keenam terbesar di dunia ini dikenal dengan “Pulau Emas”. Secara garis besar, Sumatera dibagi menjadi tiga Provinsi yakni Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan. Selain makanan, ikon yang dimiliki masing-masing Provinsi ini adalah rumah adat.

Rumah Gadang, Sumatera Barat. Pada rumah Gadang, biasanya kamar lebih kecil daripada ruang tamu. Ini bermakna bahwa kepentingan umum lebih penting daripada kepentingan pribadi. Rumah Gadang ini bercirikan seperti kapal, dimana kecil di bawah dan besar di atas. Rumah ini umumnya didominasi dari kayu, papan, dan ijuk sebagai atapnya.

Rumah Balai Batak Toba, Sumatera Utara. Untuk rumah adat Batak, umunya bercirikan seperti “Kerbau berdiri tegak”. Hal ini terkadang diperjelas dengan menghias atap rumah dengan kepala kerbau.

Rumah Limas, Sumatera Selatan. Rumah Limas dalah rumah yang bercirikan tirus ke atas. Umumnya, rumah Limas memiliki kolong dengan tujuan sebagai tempat untuk menyimpan barang.